DokterGigiGAUL

Mau merujuk pasien tapi masih suka bingung gimana cara nulis rujukan yang 'benar'? Tenang, berikut dibocorin sedikit informasinya..

Surat konsultasi medis ke penyedia layanan kesehatan lain, sebaiknya (harus) memuat lima hal berikut:

1. Informasi identifikasi pasien.

Minimal, nama lengkap pasien dan tanggal lahir harus dicantumkan dalam surat konsultasi. Beberapa dokter gigi menyertakan rilis pernyataan informasi untuk ditandatangani oleh pasien.

2. Riwayat pasien dan/atau temuan yang mengindikasikansurat konsultasi

Riwayat pengobatan pasien dengan dosis juga dapat disertakan.

3. Usulan perawatan gigi

Ini termasuk beberapa indikasi tentang seberapa stres secara fisik perawatan tersebut; daftar obat (anestesi/analgesik) yang diusulkan untuk digunakan selama dan setelah perawatan juga dapat disertakan. Hindari detail dan terminologi teknis yang tidak perlu saat menjelaskan pengobatan yang diusulkan. “Resin komposit oklusal mesial pada premolar kiri bawah dan pencabutan impaksi molar ketiga” mungkin lebih baik dinyatakan sebagai “satu tambalan gigi dan pencabutan gigi secara bedah.”

4. Permintaan khusus untuk informasi atau tindakan.

Contohnya termasuk permintaan untuk evaluasi fisik, hasil tes darah, atau pendapat apakah pasien harus diberikan premedikasi.

5. Nama, alamat, telepon klinik, dan nomor telepon dokter gigi.

Pastikan kamu mudah dihubungi oleh dokter tujuan rujukan yang mungkin ingin menanyakn sesuatu terkait rujukan atau rencana perawatan yang telah kamu lakukan

Ingatlah bahwa perawatan gigi pasien adalah tanggung jawab kita sebagai dokter gigi.. Jangan mengharapkan dokter tujuan rujukan untuk melakukannya menerima tanggung jawab itu atau mendikte perawatan.

===

Berikut ini adalah contoh surat rujukan:

Pekanbaru, 13 Oktober 2016

Dari: drg. Sekar Mewangi Sepanjang Hari
Kepada: dr. Mawar Melati Semuanya Indah, SpPD
Px: Cinderella (TTL: 28 Maret 1954)

Dengan hormat,

Saat pasien an Ny. Cinderella datang (pasien baru), pengukuran tekanan darah dari lengan kanannya saat duduk adalah 160/95 dan ulangannya 160/96 mm Hg. Satu-satunya obat yang dilaporkan sedang dikonsumsi adalah metformin untuk diabetes tipe 2. 

Nyonya Cinderella membutuhkan pembersihan karang gigi, melakukan empat tambalan, dan pembuatan sebuah mahkota jaket. Semua prosedur akan dilakukan menggunakan anestesi lokal yang mengandung lidokain 2% dan epinefrin 1:100.000.

Mohon evaluasi dan obati hipertensi Nyonya Cinderella dan informasikan kepada saya bila tekanan darahnya dalam batas normal. Jika ada pertimbangan kesehatan lain yang harus saya ketahui, beri tahu saya. Jika Anda memerlukan informasi tambahan, jangan ragu untuk menghubungi saya.

Salam sejawat,

drg. Sekar Mewangi Sepanjang Hari
Klinik Gigi Geligi Dot Com
081234567890

Comments
* The email will not be published on the website.