Penulis: Riccardo Mauro Bonacina

Pasien AB, seorang pria berusia 46 tahun, datang ke pengamatan kami mengeluhkan peningkatan volume pada tingkat palatal selama sekitar satu bulan. Anamnesis sistemik menunjukkan asthenia sedang dan hipertensi dalam pengobatan obat. Pasien merokok 10 batang sehari. Pada pemeriksaan fisik selaput lendir tampak utuh, lesi ulseratif atau eritroplastik tidak terlihat. Kebersihan mulut buruk dan ada karang gigi berpigmen. Ada rongga destruktif dari 17-23-26-27-37-46. Elemen 23 memiliki vitalitas positif. Periodontitis umum sedang hingga berat hadir.

Pada palpasi bibir, pipi dan lantai mulut tidak menunjukkan pertumbuhan baru. Mobilitas lingual dipertahankan dan mahasiswa doktoral terluka. Kelenjar getah bening latero-serviks dan pra-auricular tidak menunjukkan peningkatan dimensi yang signifikan. Pada tingkat palatal ada tumefaksi bilobed (gbr. 1) yang melibatkan hampir semua hemi-langit-langit kiri. Mukosa bersifat hiperemik dan setelah palpasi neoformasi bersifat soft-parenchymatous. Tidak ada gejala yang hadir baik spontan atau pada palpasi lesi. Tidak ada fistula yang jelas. Survei radiografi dilakukan yang memungkinkan lesi periapiical 24-25-26-27 disorot. Kehadiran banyak potensi penyebab infeksi odontogenik menyajikan hipotesis awal sebagai lesi reaktif infektif-inflamasi, tetapi diagnosis banding juga harus mempertimbangkan patologi sistemik seperti penyakit hematologis atau onkologis, baik primer maupun sekunder rongga mulut.

 

DIAGNOSIS DAN PERAWATAN
Seetelah KIE dengan pasien, aspirasi lokal dilakukan, setelah anestesi lokal, untuk memverifikasi isi lesi. Aspirasi jarum tidak mengarah pada pengumpulan darah cair atau bahan purulen. Mengingat tidak adanya kandungan cairan, dan selalu sesuai dengan pasien, biopsi dilakukan . Analisis histologis memungkinkan untuk menegakkan diagnosis lokalisasi oral limfoma folikel. Kehadiran lokalisasi sistemik lainnya telah mengkonfirmasi diagnosis pementasan limfoma folikular III.

Limfoma folikular adalah neoplasma ganas dari sistem limfatik yang termasuk dalam kelompok limfoma non-Hodgkin. Itu milik bentuk indolent, oleh karena itu untuk memperlambat pertumbuhan. Histotipe folikel adalah yang paling sering (70%) dengan usia rata-rata pada diagnosis 60 tahun. Hal ini ditandai dengan adanya 80-90% kasus perubahan kromosom khas t (14; 18) (q32; q21). Oleh karena itu pasien dirawat oleh rekan-rekan hematologi dengan kemoterapi sesuai dengan skema R-CHOP, dengan remisi lengkap patologi (gbr. 2). Pemeriksaan gigi enam bulanan telah memungkinkan untuk memverifikasi setelah lebih dari 2 tahun tidak adanya kekambuhan lokal pada rongga mulut. Bahkan kontrol hematologis berikutnya mengkonfirmasi tidak adanya kekambuhan sistemik. 


Source: Dentistry33

Comments
* The email will not be published on the website.