Sumber: MouthHealthy.org

Tahukah Anda bahwa 29,1 juta orang yang tinggal di Amerika Serikat menderita diabetes? Itu 9,3% dari populasi. Sekitar 1,7 juta kasus baru didiagnosis setiap tahun—dan 8,1 juta orang yang hidup dengan diabetes bahkan tidak tahu bahwa mereka mengidapnya.

Diabetes mempengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk memproses gula. Semua makanan yang Anda makan diubah menjadi gula dan digunakan untuk energi. Pada diabetes tipe I, tubuh tidak membuat cukup insulin, hormon yang membawa gula dari darah ke sel-sel yang membutuhkannya untuk energi. Pada diabetes tipe II, tubuh berhenti merespons insulin. Kedua kasus tersebut mengakibatkan kadar gula darah tinggi, yang dapat menyebabkan masalah pada mata, saraf, ginjal, jantung, dan bagian tubuh lainnya.

Jadi apa hubungannya ini dengan senyum Anda — dan bagaimana Anda bisa melindunginya? Pertama, penting untuk memahami tanda-tanda diabetes dan peran yang dimainkannya di mulut Anda.


Gejala Diabetes yang Tidak Diobati

Tanda-tanda peringatan diabetes mempengaruhi setiap bagian tubuh Anda. Setelah tes darah, Anda mungkin diberitahu oleh dokter bahwa Anda memiliki gula darah tinggi. Anda mungkin merasa sangat haus atau harus banyak buang air kecil. Penurunan berat badan dan kelelahan adalah gejala umum lainnya. Diabetes juga dapat menyebabkan Anda kehilangan kesadaran jika gula darah Anda turun terlalu rendah.

Jika diabetes tidak diobati, itu juga bisa berdampak buruk pada mulut Anda, antara lain:

  • Anda mungkin memiliki lebih sedikit air liur, menyebabkan mulut Anda terasa kering. (Mulut kering juga disebabkan oleh obat-obatan tertentu.) Karena air liur melindungi gigi Anda, Anda juga berisiko lebih tinggi mengalami gigi berlubang.
  • Gusi bisa menjadi meradang dan sering berdarah (gingivitis).
  • Anda mungkin mengalami masalah saat mencicipi makanan.
  • Anda mungkin mengalami penyembuhan luka yang tertunda.
  • Anda mungkin rentan terhadap infeksi di dalam mulut Anda.
  • Untuk anak-anak dengan diabetes, gigi dapat tumbuh pada usia lebih awal dari biasanya.