Source: MouthHealthy.org

Semua orang memiliki lebih banyak bakteri kecil yang hidup di mulut mereka sekarang daripada jumlah orang di planet ini. Jika mereka membuat rumah mereka di gusi Anda, Anda bisa berakhir dengan penyakit periodontal. Penyakit peradangan kronis ini dapat merusak gusi Anda, semua jaringan yang menahan gigi Anda dan bahkan tulang Anda. 

Penyakit periodontal adalah penyakit gigi paling umum yang mempengaruhi mereka yang hidup dengan diabetes, mempengaruhi hampir 22% dari mereka yang didiagnosis. Terutama dengan bertambahnya usia, kontrol gula darah yang buruk meningkatkan risiko masalah gusi. Faktanya, penderita diabetes memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah gusi karena kontrol gula darah yang buruk. Seperti semua infeksi, penyakit gusi yang serius dapat menyebabkan gula darah meningkat. Hal ini membuat diabetes lebih sulit dikendalikan karena Anda lebih rentan terhadap infeksi dan kurang mampu melawan bakteri yang menyerang gusi.


Bagaimana Dokter Gigi Anda Dapat Membantu Anda Melawan Diabetes?

Kunjungan gigi secara teratur adalah penting. Penelitian menunjukkan bahwa mengobati penyakit gusi dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah pada pasien yang hidup dengan diabetes, mengurangi perkembangan penyakit. Mempraktikkan kebersihan mulut yang baik dan pembersihan mendalam profesional yang dilakukan oleh dokter gigi Anda dapat membantu menurunkan HbA1c Anda. (Ini adalah tes laboratorium yang menunjukkan tingkat rata-rata gula darah Anda selama tiga bulan sebelumnya. Ini menunjukkan seberapa baik Anda mengendalikan diabetes Anda.)


Rencana Aksi Kesehatan Gigi Diabetes Anda

Kerja tim yang melibatkan perawatan diri dan perawatan profesional dari dokter gigi Anda akan bermanfaat dalam menjaga senyum sehat Anda serta berpotensi memperlambat perkembangan diabetes. Berikut adalah lima hal terkait kesehatan mulut yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan yang optimal:

  • Kontrol kadar gula darah Anda. 
  • Gunakan obat-obatan terkait diabetes Anda sesuai petunjuk, mengubah pola makan yang lebih sehat dan bahkan berolahraga lebih banyak dapat membantu. 
  • Kontrol gula darah yang baik juga akan membantu tubuh Anda melawan infeksi bakteri atau jamur di mulut Anda dan membantu meredakan mulut kering yang disebabkan oleh diabetes.
  • Hindari merokok.
  • Jika Anda memakai gigi palsu jenis apa pun, bersihkan setiap hari.
  • Pastikan untuk menyikat dua kali sehari dengan sikat lembut dan membersihkan sela-sela gigi setiap hari.Temui dokter gigi Anda untuk pemeriksaan rutin.
Comments
* The email will not be published on the website.