Sarkoma adalah jenis kanker yang relatif jarang dan berkembang dari jaringan tertentu, seperti tulang atau jaringan lunak seperti otot, lemak, saraf, dan pembuluh darah. Terhitung sekitar 1% dari kanker dewasa dan 15% dari kanker anak-anak. Sarkoma memiliki beberapa subtipe diantaranya osteosarkoma, sarkoma Ewing, rhabdomyosarcoma, liposarcoma, dan leiomyosarcoma. Subtipe ini diberi nama berdasarkan jaringan atau jenis sel tertentu dari mana mereka berasal.

Sarkoma juga dapat terjadi di rongga mulut, yang meliputi bibir, lidah, gusi, lapisan dalam pipi, serta dasar dan langit-langit mulut. Sarkoma yang berkembang di area ini dikenal sebagai sarkoma oral atau sarkoma jaringan lunak oral. Sarkoma oral relatif jarang, terhitung persentase kecil dari semua kanker mulut. Mereka dapat timbul dari berbagai jenis jaringan lunak di mulut, termasuk otot, pembuluh darah, saraf, dan jaringan ikat. Jenis sarkoma oral yang paling umum termasuk leiomyosarcoma, histiocytoma berserat ganas, rhabdomyosarcoma, dan angiosarcoma. Gejala sarkoma oral dapat bervariasi tergantung pada lokasi dan ukuran tumor. Beberapa tanda umum termasuk massa atau benjolan yang tidak nyeri, pembengkakan, ulserasi, perdarahan, kesulitan menelan atau berbicara, gigi lepas, dan perubahan gigitan.

Selain itu, sarkoma dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, tetapi paling sering ditemukan di lengan, kaki, dada, perut, dan panggul. Penyebab pasti sarkoma seringkali tidak diketahui, namun ada faktor risiko tertentu yang dapat meningkatkan kemungkinan berkembangnya penyakit, seperti terapi radiasi sebelumnya, kelainan genetik tertentu, dan paparan bahan kimia tertentu.

Gejala sarkoma dapat bervariasi tergantung pada lokasi dan stadium kanker. Tanda umum dari sarkoma mencakup benjolan atau pembengkakan, nyeri, rentang gerak terbatas, dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa banyak dari gejala ini dapat disebabkan oleh kondisi selain kanker. Diagnosis sarkoma biasanya melibatkan kombinasi tes pencitraan, seperti sinar-X, CT scan, dan MRI, serta biopsi, yang melibatkan pengambilan sampel jaringan untuk diperiksa di bawah mikroskop untuk memastikan adanya sarkoma dan menentukan subtipe spesifiknya.

Pilihan pengobatan untuk sarkoma bergantung pada faktor-faktor seperti subtipe, stadium, dan lokasi kanker, serta kesehatan individu secara keseluruhan. Modalitas pengobatan utama termasuk operasi, terapi radiasi, dan kemoterapi. Dalam beberapa kasus, kombinasi dari perawatan ini dapat digunakan. Sarkoma bisa menjadi kanker yang menantang untuk diobati, tetapi kemajuan dalam penelitian medis dan pilihan pengobatan telah meningkatkan hasil bagi banyak pasien.

     Jika Anda melihat gejala atau kelainan mulut yang terus-menerus, penting untuk berkonsultasi dengan profesional perawatan kesehatan atau dokter gigi yang dapat melakukan evaluasi menyeluruh dan menentukan tindakan yang tepat.



Referensi :

1. Neville BW, Day TA. Oral Cancer and Precancerous Lesions. In: Neville BW, Damm DD, Allen CM, Chi AC, editors. Oral and Maxillofacial Pathology. 4th edition. St. Louis: Elsevier; 2015. Hal. 316-345. 

2. El-Naggar AK, Chan JKC, Grandis JR, Takata T, Slootweg PJ, editors. WHO Classification of Head and Neck Tumours. 4th edition. Lyon: International Agency for Research on Cancer (IARC); 2017. 

3. O'Sullivan B, Brierley J, Byrd D, et al. The TNM Classification of Malignant Tumours. 8th edition. Hoboken: Wiley-Blackwell; 2017. 

4. Ranganathan K, Kavitha B, Saraswathi TR, et al. Overview of soft tissue tumors of the head and neck. Dent Res J (Isfahan). 2012;9(Suppl 1):S3-S8. doi:10.4103/1735-3327.92971 

5. Bhattacharya A, Kulkarni P, Misra S, et al. Oral sarcomas: a review of literature. J Oral Maxillofac Pathol. 2012;16(2):229-236. doi:10.4103/0973-029X.99080

6. National Comprehensive Cancer Network (NCCN). NCCN Clinical Practice Guidelines in Oncology: Head and Neck Cancers. Version 2.2021. Fort Washington: NCCN; 2021. 

7. Sung MW, Kim KH, Kim JW, et al. Sarcomas of the head and neck. Clin Exp Otorhinolaryngol. 2008;1(2):89-96. doi:10.3342/ceo.2008.1.2.89

8. Mukherjee A, Ray JG, Bhattacharya S, Deb T. Ewing's sarcoma of mandible: A case report and review of Indian literature. Contemp Clin Dent. 2012 Oct;3(4):494-8. doi: 10.4103/0976-237X.107454. PMID: 23633819; PMCID: PMC3636827. 

Comments
* The email will not be published on the website.