Human papillomavirus (HPV) adalah infeksi menular seksual yang umum terjadi dan telah dikaitkan dengan kasus kanker mulut. Menurut penelitian terbaru, HPV bertanggung jawab atas sekitar 70% kanker orofaringeal (kanker bagian belakang tenggorokan, termasuk pangkal lidah dan amandel). Jumlah ini lebih dari dua kali lipat jumlah kasus yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok berat dan konsumsi alkohol berlebihan.

Jenis kanker ini lebih sering terjadi pada pria daripada wanita, dan sering menyerang orang berusia 40-an dan 50-an. Gejalanya meliputi sakit tenggorokan, kesulitan menelan, dan benjolan di bagian belakang tenggorokan. Seperti halnya jenis kanker mulut lainnya, deteksi dini adalah kunci untuk pengobatan yang efektif.

Untuk mengurangi risiko kanker mulut yang disebabkan oleh HPV, dianjurkan untuk mendapatkan vaksin HPV, yang melindungi terhadap jenis HPV yang paling mungkin menyebabkan kanker. Selain itu, penting juga untuk mempraktikkan seks yang aman dan menghindari kebiasaan merokok serta konsumsi alkohol yang berlebihan.


Comments
* The email will not be published on the website.