Source: MouthHealthy.org

Kalau kamu pernah merasa gugup hanya dengan memikirkan harus pergi menemui dokter gigi, kamu tidak sendirian. Mungkin kamu takut, jika kunjungan itu mungkin 'menyakitkan' atau Anda sudah lama tidak berkunjung dan tidak yakin apa yang akan ditemukan dokter gigi.

Apa pun alasan Anda, tim dokter gigi yang tepat akan memastikan kesehatan gigi, dan emosi Anda terjaga. Semakin Anda menunda - atau tidak pergi - ke dokter gigi, semakin tinggi risiko Anda mengalami masalah gigi yang akan membuat persiapan untuk kunjungan gigi di masa mendatang semakin sulit. 

Faktanya, mengunjungi dokter gigi Anda secara teratur sebenarnya dapat membuat keseluruhan proses – mulai dari membuat janji temu hingga melewatinya – jauh lebih mudah dan singkat di banyak tingkatan. Gunakan strategi ini pada pertemuan Anda berikutnya untuk membantu meredakan kecemasan Anda dan memperkuat senyum Anda.


1.  Utarakan kecemasanyang kamu punya

Siapapun dengan kecemasan tahu berbagi perasaan Anda membuat dunia yang berbeda. Jika Anda tegang atau cemas, bantulah diri Anda sendiri dan singkirkan kekhawatiran Anda. Dokter gigi dan tim gigi Anda akan lebih mampu merawat Anda jika mereka mengetahui kebutuhan Anda.

Beritahu dokter gigi Anda tentang kecemasan Anda.
Saat Anda memesan janji temu, beri tahu resepsionis bahwa Anda gugup tentang kunjungan ke dokter gigi. Ingatkan dokter gigi dan staf gigi tentang kecemasan Anda saat Anda tiba. Bagikan pengalaman buruk apa pun yang mungkin Anda alami di masa lalu, dan mintalah saran tentang strategi koping.

Jangan takut untuk bertanya.
Terkadang mengetahui apa yang akan terjadi meredakan ketakutan akan hal yang tidak diketahui.Setuju dengan sinyal. Beri tahu dokter gigi Anda dengan mengangkat tangan jika Anda perlu istirahat selama pemeriksaan.

Jika Anda mengalami rasa sakit bahkan dengan anestesi lokal, beri tahu dokter gigi Anda.
Beberapa pasien merasa malu dengan toleransi rasa sakit mereka atau tidak ingin mengganggu dokter gigi selama prosedur. Bicarakan dengan dokter gigi Anda tentang rasa sakit sebelum dimulai sehingga dokter gigi Anda tahu bagaimana berkomunikasi dengan Anda dan membuatnya lebih nyaman.

2. Alihkan perhatian Anda

Mengalihkan pikiran Anda dari ujian mungkin tampak mustahil ketika Anda gugup, tetapi ada beberapa hal yang dapat membantu mengalihkan pikiran Anda.:

Pakai headphone.
Jika suara bor mengganggu Anda, bawalah headphone agar Anda dapat mendengarkan musik atau buku audio favorit Anda. Beberapa kantor gigi bahkan memiliki televisi atau DVD acara.

Tempatkan tangan Anda dengan sesuatu
Misalnya, meremas bola stres atau bermain dengan benda genggam kecil, seperti fidget spinner.

Bayangkan tempat bahagia kamu
Kamu bisa memvisualisasikan diri di pantai atau taman yang menenangkan.

3. Gunakan teknik perhatian penuh

Relaksasi dimulai dari pikiran. Cobalah latihan pernapasan dalam untuk membantu mengendurkan ketegangan pada otot Anda.

Hitung napas Anda.
Tarik napas perlahan lalu buang napas untuk jumlah hitungan yang sama. Lakukan ini lima kali saat Anda sedang menunggu janji Anda, atau saat istirahat saat Anda sedang duduk di kursi gigi.

Lakukan pemindaian tubuh.
Berkonsentrasilah untuk mengendurkan otot-otot Anda, satu bagian tubuh pada satu waktu. Mulailah dengan kepala Anda dan turun ke jari kaki Anda. Misalnya, Anda dapat fokus untuk melepaskan ketegangan mulai dari dahi, lalu pipi, leher, dan turun ke seluruh tubuh.

Comments
* The email will not be published on the website.